Industri

Apa itu Batu Bentonite

Apa itu Batu Bentonite

Batu bentonite adalah sebutan untuk batu yang didalamnya terkandung mineral montmorillonit, yang pembentukannya berasal dari abu vulkanik. Pada keadaannya di alam, terdapat dua jenis bentonite yang dapat dimanfaatkan, yaitu Bentonite Natrium atau Bentonite Na dan Bentonite Kalsium atau Bentonite Ca. Kedua jenis bentonite ini mempunyai fungsi yang berbeda pula.

Jenis-Jenis Batuan Bentonite

  • Bentonite Natrium (Bentonite Na)

Bentonite Natrium atau Bentonite Na merupakan bentonite yang kation utama-nya diisi oleh Natrium. Kation berupa Natrium ini bersifat exchangeable atau yang diistilahkan dalam bahasa Indonesia yaitu kation yang dapat ditukar. Selain itu, bentonite ini juga memiliki sifat swelling, yang berarti volume dari bentonite tersebut dapat berkembang apabila mengalami sentuhan langsung dengan fluida air.

Sifat lain yang dimiliki oleh Bentonite Natrium adalah mampu mengikat air dengan baik. Sifat ini berhubungan erat dengan sifat swelling yang sudah disebutkan sebelumnya. Disamping itu, bentonite jenis ini juga sanggup membentuk koloid dan memiliki nilai viskositas atau kekentalan yang tinggi. Sifat-sifat ini membuat bentonite jenis ini banyak sekali dimanfaatkan dalam industri konstruksi.

  • Bentonite Kalsium (Bentonite Ca)

Dibandingkan dengan Bentonite Natrium saudaranya, Bentonite jenis ini memiliki kemampuan yang lebih rendah soal pengembangan volume-nya secara keseluruhan apabila kontak dengan air. Namun, dibandingkan dengan jenis satunya, jenis Bentonite ini lebih mendominasi dengan jumlah cadangan yang pada umumnya selalu lebih besar daripada Bentonite Natrium.

Batu Bentonite

Manfaat dan Penggunaan Bentonite

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bentonite memiliki kemampuan untuk menyerap fluida air dengan baik. Selain itu, sifat bentonite yang sangat spesial adalah sifat obat, komersial, dan kemampuan muainya. Hal ini menjadikan karakteristiknya unik dan khas, dimana sifatnya kemudian banyak dimanfaatkan dalam berbagai industri baik konstruksi hingga kosmetik. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Bermanfaat untuk Penyembuhan Pada Penyakit Kulit dan Kesehatan

Faktanya, bentonite dapat digunakan dengan cara mencampurkannya dengan air sebagai masker untuk wajah atau pada bagian kulit yang sedang bermasalah. Sifat spesial dari bentonite akan membuat kotoran dan segala racun serta bakteri terserap secara lebih menyeluruh dengan masker tersebut.

Dengan kemampuannya tersebut, batu bentonite dapat mengurangi inflamasi yang terjadi pada kulit sehingga mencegah terjadinya noda, juga membantu melawan reaksi penolakan pada wajah terhadap bubuk atau bahan tertentu dari kosmetik atau bahan yang digunakan pada wajah. Efek yang ditimbulkan terasa menenangkan dan melembutkan kulit.

Pada beberapa kasus, bahan ini juga digunakan sebagai campuran untuk mengobati eksim atau luka. Bahkan, bahan ini dapat mengobati beberapa luka yang antibiotik pun tidak dapat mengobatinya. Sebuah fakta yang mengejutkan, memang.

  • Digunakan dalam Berbagai Jenis Industri dan Konstruksi

Bentonit dapat digunakan sebagai penyegel alami pada berbagai macam proses konstruksi dan arsitektural. Hal ini disebabkan karena sifatnya yang mudah menyesuaikan bentuk atau volumenya berdasarkan lingkungannya ketika mengalami kontak dengan air, serta daya serap fluidanya yang cukup tinggi.

Salah satu pemanfaatan bentonite yang paling umum digunakan yaitu pada industri pengeboran dan bidang geoteknik. Pada pengeboran, bentonite digunakan sebagai campuran lumpur pemboran yang berfungsi untuk mengeluarkan atau mengesktrak lumpur pada lubang pemboran. Selain itu, bahan ini juga berperan sangat penting pada pembuatan keramik, semen, dan bermacam-macam jenis perekat.

  • Digunakan dalam Penjagaan Kesehatan Organ Dalam dan Membantu Proses Relaksasi

Karena bersifat mengikat, bentonite digunakan untuk memberikan supply oksigen lebih banyak ke dalam tubuh apabila seorang menderita suatu penyakit yang membuatnya tidak mampu mengambil oksigen dari luar. Bentonite yang dimasukkan dalam saluran pencernaan dalam obat-obatan juga memberikan performa dan efisiensi pada sistem pencernaan tubuh, serta mengobati sakit dan menghilangkan racun pada perut.

Dibalik semua manfaatnya, ada satu lagi keunikan yang diberikan oleh bentonite. Ketika dicampurkan dengan air pada bak mandi tipe bath tub ketika anda mandi, bentonite akan memberikan peningkatan pada efek relaksasi yang ditimbulkan. Hal ini disebabkan oleh sifat bentonite yang mengikat kotoran dan mengeluarkan racun pada permukaan kulit sehingga menenangkan dan membuat kulit lebih santai.

Setelah mengetahui jenis-jenis bentonite dan kegunaannya, anda dapat memahami mengapa batu bentonite sangat dinantikan di pasaran, baik dari pasaran industri hingga pasaran kosmetik dan kecantikan. Manfaat yang diberikan oleh bentonite benar-benar memberikan dampak yang positif bagi semua orang.

Baca juga: Harga Bentonite Powder

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *