Industri

Cat Litter Pasir Penyerap Kotoran Kucing dan Hewan Peliharaan

Cat Litter Pasir Penyerap Kotoran Kucing dan Hewan Peliharaan

Salah satu hal yang paling dibutuhkan bagi hewan peliharaan rumahan khususnya kucing adalah Cat litter/pasir penyerap kotoran dan bau hewan peliharaan. Menjadi hewan peliharaan tidak serta merta membuat perilaku buang air dari hewan tersebut berubah. Terkadang, untuk menyembunyikan atau mengubur kotorannya, mereka membutuhkan pasir atau tanah, yang sering disebut dengan pasir kucing.

Cara Memilih Cat litter yang Baik

Berbicara tentang pasir kucing bukan berarti semuanya berbahan dasar pasir. Bagaimana cara mengenal jenis pasir kucing yang dapat membuat kucing bahkan hewan peliharaan apapun nyaman, sekaligus memudahkan sang pemilik hewan menangani hewan peliharaan mereka? Berikut di bawah ini merupakan hal-hal yang harus anda perhatikan saat memilih pasir kucing yang baik dan berkualitas.

  • Pasir kucing yang baik memiliki kemampuan menyerap bau tidak sedap

Pada saat membeli pasir kucing, kemampuan pasir tersebut untuk dapat menyerap bau tidak sedap yang ditinggalkan kucing setelah buang kotoran menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Bau air kencing kucing termasuk menyengat apabila dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya.

Pasir kucing yang dapat menghilangkan bau menyengat dan tidak perlu diganti terus menerus saat ini telah banyak tersedia di pasaran. Namun, perlu diperhatikan bahwa kucing merupakan hewan penyuka kebersihan, sehingga agar tetap bersih, litter box haruslah tetap diganti.

  • Memberikan kemudahan untuk diurus.

Tidak bisa menggumpal dengan keras merupakan jenis pasir kucing yang susah untuk dibersihkan. Selain itu, pasir jenis seperti itu juga tidak praktis serta membutuhkan perhatian lebih. Bahkan, seringkali kotorang kucing tertinggal pada bagian bawah, sehingga diperlukan perhatian ekstra.

Ada banyak sekali pasir kucing yang bertuliskan “dapat menggumpal” pada bungkusnya tetapi nyatanya tidak seperti yang diharapkan. Hal ini akan mengakibatkan pemiliki kucing cukup kerepotan untuk mengurusnya.

Maka jika hal itu terjadi, anda perlu menunggu beberapa saat setelah kucing buang air, lalu perhatikan, saat pasir menggumpal terkena kotoran, anda cukup mengeluarkannya.

Baca juga tentang Pengertian Bleaching Earth

Pasir kucing tidak akan menggumpal jika kotoran kucing dikeluarkan terlalu cepat. Pastikan pasir kucing tersebut tersebar rata pada litter box. Anda dapat memastikan kualitas dari pasir kucing tersebut kurang bagus jika semua cara yang anda gunakan sudah benar namun pasir yang ada masih tetap sulit untuk menggumpal.

  • Dijual dengan harga yang ekonomis

Untuk menghindari pengeluaran yang meningkat ketika anda membeli pasir kucing setiap hari, maka anda perlu memeriksa dan memperhatikan harga. Sebaiknya, pilihlah pasir kucing dengan harga yang relatif ekonomis namun tetap memiliki kualitas yang baik.

Menggunakan pasir kucing berdaya serap tinggi akan membantu anda untuk dapat lebih berhemat sebab anda hanya perlu menggunakannya sedikit saja. Dengan demikian, cat litter/pasir penyerap kotoran dan bau hewan peliharaan dengan daya serap yang tinggi akan sangat mempengaruhi pengeluaran anda.

  • Perhatikan bahan apa yang menjadi penyusun utama pasir kucing

Gel silika, kertas, bahan organik, kayu, hingga batu-batu mineral merupakan 5 jenis bahan utama yang digunakan untuk pasir kucing. Anda tidak perlu mengganti pasir kucing selama sepekan karena dari kelima jenis bahan utama tersebut, ada bahan tertentu yang menggunakan formulasi penghilang bau. Anda dapat memilih sesuai dengan selera anda.

2 Jenis Pasir Kucing yang Paling Sering Digunakan

  • Pasir Zeolit

Pasir dengan beberapa varian tekstur yaitu halus, sedang dan kasar ini memiliki bahan dasar batuan zeolit. Pasir ini harganya terbilang murah namun sayangnya kurang efektif dalam menyerap kotoran sehingga akan nampak ada genangan di bagian bawah litter box.

Baca juga: Harga Zeolit Granul

  • Pasir Gumpal/Bentonit

Jika dibandingkan dengan pasir zeolit, pasir ini memiliki daya serap yang jauh lebih tinggi. Dengan demikian, pemiliki hewan dimudahkan saat membersihkan litter box karena pasir ini akan sangat terlihat menggumpal saat terkena kotoran. Kualitas pasir ini juga terbilang cukup baik, karena itu tidak heran apabila harganya mencapai Rp. 135.000, – / 20kg.

Dengan berbekal pengetahuan mengenai Cat litter/pasir penyerap kotoran dan bau hewan peliharaan yang sudah dijabarkan, anda sudah dapat mengetahui pasir jenis apa yang anda inginkan. Selamat berburu pasir kucing!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *